Rabu, 02 Maret 2011

Rahasia Sales Mobil


Adakah sales mobil yang kaya? Jawabannya pasti ada. Kalau Anda bertanya apakah ada sales mobil yang miskin? Jawabannya pasti buanyak. Sales kaya dan sales miskin dalam dalam tulisan (buku best seller) Tirta Setiawan sama sekali tidak menyoroti limpahan materi yang didapatkan dari profesinya sebagai sales, sales dalam bidang apapun. Sales kaya dan sales miskin lebih pada mental dan sikap mental yang harus dimiliki oleh seorang sales. Seperti hal “law of attraction”, jika kita berpikir kaya maka kita akan kaya, karena kita akan selalu bersikap dan bertindak menuju pikiran itu, dan sebaliknya.
Sales kaya dalam pengertian Tirta setiawan ternyata lebih pada mental dan sifat, berikut sifat dan mental sales kaya :
Sikap mental Sales KAYA
1. Menjadikan Tantangan Sebagai Peluang
Sales kaya dapat mengubah tantangan menjadi peluang. setiap moment adalah peluang, setiap tarikan napas adalah peluang, semua hal bisa menjadi peluang.
2. Optimisme Tinggi
Orang sukses, biasanya mempunyai optimesme yang tinggi, untuk tidak mengatakan berlebihan. Tapi ini sikap mental pemenang. Mental siap bertanding, siap menang dan siap kalah. optimisme teramat tinggi. yakin…. yakin…dan yakin.Mental seorang sales harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, punya sikap mental yang positif, dan tahan banting.
3. Bertindak (Action)
Keberuntungan selalu menghampiri orang yang selalu bekerja, bekerja, dan melakukan. just do it. Kerjakan saja. Seperti tetes air yang dapat melobangi batu dalam kisah Ibnu Hajr. Jadi lebih banyak menawarkan dan lebih banyak ditolak, akan lebih banyak diterima berikutnya, dari pada yg sedikit bertindak dan sedikit ditolak tentu lebih sedikit hasilnya.
4. Berani Ambil Resiko
Modal yang paling penting untuk berhasil adalah kayakinan dan nekat. Kalkulasi resiko dan hasil. Saat orang lain masih berencana, kita sudah melakukan dan berani mengambil resiko apapun
5. Fokus Pada Kekuatan Diri
Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan. Fokus pada kelebihan dan apa yang kita bisa dan berusaha belajar dan bisa apa yang tidak kita bisa.
6. Tidak Cepat Puas
Ini yang selalu dituntut dari atasan Saya ketika saya menjadi sales KIA. Berapa Rekor penjualan Anda dalam sebulan? ketika saya tembus di angka 11 unit sebulan, berapa yang beliau minta untuk bulan depan? 15 unit. Ini Mobil KIA Lho? Sales harus terus meningkatkan targetnya. Satu gunung terdaki, cobalah dengan gunung lain yang lebih tinggi.
Lalu apa sebenarnya sales kaya itu? ide menarik bisa jadi alternatif pemikiran dalam resensi buku Frans M Royan tentang “Jangan Mau Jadi Sales Miskin” menyimpulkan demikian: http://groedu.wordpress.com/2010/10/07/jangan-mau-jadi-sales-miskin/
Profesi salesman apa bisa kaya? Pertanyaan seperti ini seringkali muncul, terutama dari kalangan fresh graduate. Mereka khawatir jika memilih karier sebagai sales adalah akhir segalanya. Namun mereka tidak tahu bahwa ternyata banyak orang yang memilih profesi ini menjadi kaya raya. Kemudian temuan yang paling mengejutkan bahwa salesman kaya raya itu ternyata adalah salesman yang tidak mencapai target. Mereka juga suka memutus pelanggan lama dan terus mencari pelanggan baru.Salesman kaya raya ternyata adalah salesman yang pandai menghabiskan biaya operasional. Ia juga membenci pada nilai uang tertentu sebagai cara menggelembungkan assetnya. Idenya juga meloncat-loncat karena menurutnya investasi yang dibelinya bisa dibayar dengan komisi penjualannya. Ia menggesek kartu kreditnya bukan demi berhutang, sebaliknya demi penyediaan dana agar menghasilkan uang. Sales kaya termasuk pegawai yang berani berhutang, sebab ia memiliki pemahaman yang baik tentang time value of money. Ia cerdik menggunakan faktor kali dan memiliki cara unik dalam membangun kariernya.

1 komentar:

  1. PT HADJI KALLA TOYOTA CAB.HERTASNING BARU
    Info pemesanan: Syahril
    0821 9678 6547 /WA&Line
    Proses cepat dan mudah
    Area Makassar dan Luar kota
    Toyota kembali DP murah di bulan Mei
    * New Agya DP 24,6 jt
    * Agya DP 13,8 jt
    * Calya DP 15,7 jt
    * Avanza DP 16 jt
    * Rush DP 20,7 jt
    * Yaris DP 19,2 jt
    * Sienta DP 17.7 jt

    Semakin mudah memiliki Toyota
    Promo hanya bulan ini..ayo buruan
    #bantu share

    BalasHapus