Rabu, 30 Maret 2011

Pasar Sepeda Motor 2007 : Blunder Honda dan Kegemilangan Yamaha


Tahun 2007 bisa dibilang menjadi tahun yang berat untuk Honda dan menjadi tahun yang menyenangkan untuk Yamaha. Meski secara aggregat penjualan Honda sepanjang tahun 2007 (data dari Asosiasi Sepeda Motor Indonesia, AISI. Sayang situsnya sepertinya sedang down) menunjukkan bahwa dominasi Honda di tahun 2007 goyah diserang oleh Yamaha.

Peningkatan penjualan Yamaha bukan hanya dilihat dari aggregat penjualan sepanjang 2007 yang selisihnya tidak terlalu jauh dibandingkan Honda namun juga bisa dilihat dari keberhasilan Yamaha menjadi yang tertinggi untuk beberapa penjualan perbulan.

Yamaha berhasil mengungguli Honda untuk pertama kali pada penjualan periode Maret 2007 dengan selisih sekitar 9 ribu unit yang kemudian dibalas oleh Honda dengan keunggulan yang hampir sama di bulan berikutnya. Bulan Mei, selisih ini hanya berkisar pada 1000an unit, yang kemudian diperbaiki Honda pada bulan Juni dengan keunggulan 4 ribuan unit. Bulan Juli, Yamaha kembali menghantam Honda dengan selisih penjualan hampir 20 ribu unit.


Fluktuasi persaingan penjualan memang terus terjadi antara Yamaha dan Honda namun hal ini menunjukkan sinyal yang membahayakan bagi dominasi Honda pada pasar motor di Indonesia. Jika sebelumnya mereka berkibar diatas 50 %, kini selisih total penjualan mereka sudah semakin didekati oleh Yamaha.

Sebenarnya cukup aneh jika Honda goyah diserang oleh Yamaha karena mereka cukup berpengalaman dalam menghadapi serangan Mocin (Motor China) yang merajalela pasca krisis moneter tahun 1997. Honda berhasil mematahkan serangan Mocin dengan harga murahnya dan tetap memimpin pasar sepeda motor Indonesia.

Ada banyak sebab yang menjadi alasan mengapa Honda bisa disalip Yamaha. Petinggi Honda di media massa memang mengatakan salah satu alasan misalnya karena keterlambatan pasokan komponen ke pabrik dan adanya penyehatan stock dengan pertimbangan adanya peluncuran tipe baru, namun kenyataan di lapangan menunjukkan realita yang berbeda.

Jika dilihat secara natural, Yamaha mampu menggoyahkan posisi Honda karena beberapa sebab berikut :
1. Inovasi. Yamaha mampu meluncurkan berbagai tipe sepeda motor dengan beragam pilihan dan ini memberikan dukungan yang luas bagi mereka dalam meningkatkan penetrasi pasar. Sekedar menyebut beberapa tipe, untuk jenis bebek Yamaha memiliki varian Vega, Mio, Nouvo, Jupiter dan Jupiter MX. Bandingkan dengan Honda yang masih bertumpu pada Supra X dan Supra Fit. Terakhir memang ada Revo dan Vario tapi keduanya masih bisa dilibas oleh Jupiter MX dan Mio atau Nouvo (Saya memang pengendara Jupiter MX jadi silakan abaikan pendapat ini jika merasa hal ini tidak balance). Honda seperti kehilangan ide segar yang selama ini membuat mereka selalu unggul. Menjadi ironi ketika Honda justru mengeluarkan tipe baru dengan nama Supra Fit X. Ada apa dengan huruf keramat X ini ?
2. Variasi Produk. Pada periode yang relatif sama, Yamaha mengeluarkan berbagai varian produk untuk berbagai tipe. Variasi produk ini tidak hanya ditujukan untuk pasar motor bebek namun juga terhadap pasar motor "batangan" dengan mengeluarkan Scorpio dan V-Ixion.
3. Iklan. Iklan Yamaha yang dibintangi oleh Komeng dkk cukup mengena dan menancap dipikiran masyarakat. Jargon, "Yang lain pasti ketinggalan" kemudian diubah menjadi "Yang lain makin ketinggalan" tatkala mereka unggul dalam penjualan bulanan. Meski sifatnya hiperbolis, iklan tentang jembatan yang runtuh dan pesta yang berantakan tatkala dilewati oleh Jupiter MX cukup mengena.
Honda sendiri masih memiliki keunggulan yang mungkin selama ini kurang mereka sadari, yaitu kepercayaan bahwa harga jual kembali Honda masih lebih tinggi. Bukan rahasia jika banyak masyarakat di pedesaan yang membeli sepeda motor sebagai tabungan yang sewaktu-waktu dapat dijual kembali jika memang membutuhkan dana.

Saya memang tidak membahas merk lain seperti Suzuki. Satu hal yang perlu dipelajari oleh Suzuki adalah keberhasilan Yamaha ini sebenarnya bisa ditiru langkahnya dan bukan sesuatu yang muskil bahwa penguasa pasar bisa digoyahkan.

Meski total penjualan Honda secara total masih unggul, selisih penjualan yang relatif kecil merupakan peringatan keras buat Honda. Dengan segala varian dan inovasi dari Yamaha, prediksi saya penjualan bulanan sepeda motor di tahun 2008 akan didominasi Yamaha kecuali Honda membuat strategi yang brilian yang mampu mematahkan keunggulan Yamaha saat ini.

1 komentar:

  1. Minta waktunya sebentar untuk membaca postingan saya ini,,! Siapa tau ini bisa
    berguna bagi Anda yg punya suatu masalah ataupun musibah yg sedang menimpah Anda,Atau apapun bentuk masalah yg membebani pikiran anda mungkin bisa di beri jalan keluarnya oleh seseorang yg sangat-sangat dapat di percaya,,,,,

    Jadi Kemarin keluarga kami mengalami suatu permasalahan yg begitu rumit dan sulit buat menyelesaikannya dan masalah tersebut yaitu: masalah Hutang sama rentenir sebanyak 257juta belum bunganya selama kurang lebih 4Thn,,,saya pun bingun harus bagaimana supaya hutang tersebut bisa terlunasi namun untungnya kami mendapat informasi dari seseorang yg saya kenal di media sosial yaitu Pak.Darmawan,beliau memberi saran untuk mengaduh nasib dgn cara minta bantuan kepada KI BARONG beliau adalah orang Ahli Tentang Mistik atau Ghaib
    Awalnya si saya dan keluarga percaya ngk percaya,sayapun mencoba menghubungi beliau di no yg di berikan Pak.Darmawan dan Alhasil kami dapat bantuan dari beliau kurang lebih setengah bulan kami di bantu KI BARONG dan akhirnya uang pun terkumpul lebih dari cukup buat melunasi hutang piutang keluarga,Lewat postingan ini Sekali lagi Terimahkasi Banyak KI BARONG atas jasanya,,dan jika Anda ingin mengaduh nasip seperti kami tlpn di nomor
    NAMA: KI BARONG
    NO TLPN: 0852.8895.8775
    Jika Anda punya Masalah atau Musibah ya salah satu contohnya yaitu punya hutang atau kebutuhan ekonomi kurang dan lain-lain silahkan minta solusi sama KIBARONG pasti masalah Anda dapat di selesaikan,
    yang namanya usaha berhasil ataupun tidaknya itu persoalan belakan yg penting Niat kita untuk berusaha bukan cuman duduk diam menunggu reseki datang kepada Anda
    Dan poin penting dari Hal ini Bantuan yg di berikan beliau tidak menyesatkan Anda
    Trimah kasi Atas waktunya Salam………
    Atau kunjungi www.ramalan-toto.blogspot.co.id

    BalasHapus